Rabu, 01 Desember 2010

TIPS CARA MEMELIHARA IKAN KOI AGAR SELALU SEHAT

1. Bila disekitar kolam Koi tumbuh tanaman dan berpotensi daun2an jatuh memasuki kolam, maka tambahkan ikan Grasscraft untuk memakan daun2an yang masuk ke kolam. Karena daun2an yang jatuh bila membusuk berpotensi meracuni air kolam Koi. Daun2an juga berpotensi menyumbat pompa celup yang berakibat pompa panas dan terbakar bila tidak segera dibersihkan. Jangan memasukkan ikan Sapu2 kedalam kolam Koi, berbahaya.
2. Bilamana terlihat ada kutu2, siput kecil dalam kolam, maka segera Dimilin (obat pemusnah kutu dan parasit) diberikan ke kolam dengan dosis 1 gram per M3 air. Dimilin juga mampu memusnahkan kutu jarum yang sulit diatasi dengan obat pembasmi hama lainnya. Keesokan harinya lakukan penggantian air kolam minimal 1/3 bagian dengan tujuan membuang kutu2 yang telah mati keluar kolam, dan membersihkan Filter.
Ada cara alamiah untuk mengatasi munculnya berbagai parasit-penyakit ini yaitu dengan memasukkan secara rutin setiap minggunya predator alami, yaitu ikan Sumatra kedalam kolam. Ikan Sumatra akan memakan berbagai jentik2 mulai dari cuk, kutu2 hingga kutu jarum, siput2 kecil dan berbagai parasit yang berpotensi menjangkiti ikan Koi kesayangan Kita. Ikan Sumatra dimasukan sejumlah 5 sampai 10 ekor per M3 air kolam.
3. Penting untuk membersihkan Filter secara rutin jangan menunggu hingga ada ikan yang sakit baru filter dibersihkan, atau hingga pompa terbakar karena filternya macet tersumbat penuh kotoran.
4. Pada musim penghujan seringkali listrik mati, siapkan antara lain (1) Generator listrik sebagai backup bilamana listrik mati. (2) Atau Aerator menggunakan battery sebagai supply oksigen bila listrik mati. (3) Dalam keadaan kepepet aki-accu-battery mobil bisa digunakan sebagai catu daya untuk Aerator berkapasitas besar, dengan menambahkan Converter 12 Volt ke 220 Volt. (Semacam UPS pada komputer bila listrik mati, pengganti generator listrik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar